Powered By Blogger

Selasa, 05 Januari 2010

Rasa Bersyukur

Mengapa Manusia Merasa kurang puas dan ingin selalu lebih yah? (Tentang Rasa Bersyukur)

Dari judul diatas saya kadang berpikir mengapa manusia ingin selalu tidak pernah merasa puas yah? bukannya rasa bersyukur adalah kekayaan yang paling berharga dan nilai lebih dari semua yang ada didunia ini.
Artikel ini saya buat berdasarkan newsletter dari The Art of Happiness yang melakukan banyak penelitian tentang rasa bahagia. Buku-buku seri The Art of Happines ditulis bersama oleh Dr. Howard Cutler dan His Holiness The Dalai Lama, perpaduan antara pengetahuan psikologi barat dan nilai-nilai kehidupan timur. Sangat PAS dipraktekkan dalam hidup kita sehari-hari.

Sikap bersyukur sangat penting diajarkan sejak anak usia dini karena akan mempengaruhi kesehatan, kebahagiaan, dan rasa optimisnya dalam memandang hidup ini.

Salah satu prinsip dasar dari kebahagiaan sehari-hari bisa diukur dari sikap, harapan, dan pandangan kita. Dan satu faktor yang membentuk harapan dan pandangan kita adalah kecenderungan manusia untuk membandingkan. Kita membandingkan keadaan atau pengalaman kita saat ini dengan keadaan orang lain di sekeliling kita, dengan keadaan kita yang sebelumnya, dan juga dengan harapan kita akan masa depan.

Jika kita merasa lebih baik dari semua pembanding tersebut, maka kita merasa bahagia. Jika tidak, maka kita merasa sedih atau kecewa. Ada suatu cara yang bisa digunakan untuk membuat hari-hari yang bahagia dan mencapai kepuasan hati.

Kali ini saya memilih SIKAP BERSYUKUR sebagai topik karena hal ini sangat sederhana, dan merupakan cara yang ampuh dan efektif untuk menambah rasa bahagia. Dan perlu diketahui bahwa rasa bersyukur ini adalah pengembangan kebahagiaan yang pertama yang diteliti secara ilmiah.

BERSYUKUR DAN KEBAHAGIAAN

Penelitian membuktikan bahwa menulis rasa bersyukur di dalam sebuah buku kecil secara berkala akan menambah rasa bahagia. Kejadian - kejadian kecil yang dialami sehari-hari yang membuat mereka merasa berterima kasih, dicatat. Misalnya lima kejadian setiap hari. Atau bisa juga dilakukan tiga kali seminggu, tiap kali lima kejadian.

Mereka yang melakukan hal ini merasa lebih baik tentang :
* hidupnya secara keseluruhan
* lebih optimis tentang masa depan
* keluhan kesehatan juga berkurang
* mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk berolahraga
* lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain
* lebih cepat tertidur, menghabiskan lebih banyak jam tidur tiap malam, dan merasa lebih segar ketika bangun pagi

Hasil yang menggembirakan ini juga dilaporkan oleh pasangan hidup dari masing-masing peserta yang diteliti, yaitu adanya peningkatan ke arah yang positif dalam hal sikap dan tingkah laku.

Mengingat pentingnya sikap bersyukur maka sebaiknya anda mengajarkan hal ini kepada anak-anak demi masa depan mereka. Jika anak anda bahagia, maka pastilah anda sebagai orang tuanya akan bahagia.

Be a smart parent!

sumber http://www.miss-jana.org

rasa bersyukur Pictures, Images and Photos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu, Mohon kritik dan saran


ShoutMix chat widget