Powered By Blogger

Rabu, 20 Januari 2010

[confirm] JAL bangkrut diperkirakan 15 ribu karyawan di phk

Berita terbaru nih gan

Quote:
INILAH.COM, Tokyo – Setelah lama terombang-ambing, maskapai penerbangan Japan Airlines (JAL) akhirnya mengajukan bangkrut. Ini adalah kegagalan terbesar perusahaan Jepang dalam sejarah.

“Siang ini, dewan direksi JAL mengadakan rapat terakhir sebelum mengajukan perlindungan terhadap kreditur melalui Undang-Undang ‘Corporate Rehabilitation Law’,” demikian dilaporkan Kyodo News Agency, Selasa (19/1).

“Mereka juga akan mengajukan rencana restrukturisasi baru yang juga disusun badan pemerintah yang menangani pasca pengajuan bangkrut,” lanjutnya.

Dalam rencana itu, CEO JAL Haruka Nishimatsu diharapkan segera mengajukan pengunduran dirinya. Pucuk pimpinan akan diambil oleh Kazuo Inamori, seorang biksu Budha. Ia pendiri perusahaan komponen elektronik Kyocera Inc. dan provider ponsel nomor dua terbesar di Jepang, KDDI Corp.

Selain itu, juga akan ada PHK sekitar 15.600 karyawan atau sepertiga pekerja di maskapai itu hingga Maret 2013. JAL harus mengurangi hingga setengah anak perusahaan, mulai dari bisnis hotel hingga kartu kredit.

Pemerintah berjanji akan terus mendukung rehabilitasi korporasi tanpa menghentikan operasi JAL. Perusahaan ini kesulitan bertahan dengan utang sebesar 1,5 triliun yen (US$16,6 miliar). Trafik penerbangan JAL terus menurun ketika krisis ekonomi global, kekhawatiran flu H1N1, serta persaingan dari maskapai Jepang lainnya, All Nipppon Airways Co.

Quote:
Harga selembar saham maskapai penerbangan Japan Airlines (JAL) terpuruk ke angka terendah lima yen atau sekitar Rp 500 setelah JAL diperkirakan akan mengajukan permohonan pailit.

Pengajuan pailit itu adalah bagian dari proses penyelamatan pemerintah yang tampaknya akan diumumkan hari Selasa, demikian menurut sejumlah laporan.

JAL menderita kerugian sekitar US$ 1,5 miliar dalam enam bulan sampai September lalu, dan sekarang nilai perusahaan JAL hanya US$ 150 juta, lebih murah dari harga sebuah pesawat jet besar yang baru.

Saham perusahaan itu pernah mencapai harga 366 yen per lembar pada tahun 2003.

Walaupun rencana penyelamatan oleh pemerintah berarti perusahaan penerbangan Jepang itu akan terus beroperasi, para investor yang memiliki saham JAL tampaknya akan menderita kerugian besar.

JAL dan perusahaan-perusahaan penerbangan besar dunia lainnya terpukul keras oleh krisis ekonomi global yang menyebabkan jumlah penumpang turun tajam.
UPDATE

Quote:
TOKYO - Maskapai penerbangan terbesar di Asia yang menjadi kebanggaan Jepang, Japan Airlines (JAL), dinyatakan bangkrut. Pihak JAL telah mendaftarkan diri ke pengadilan untuk dinyatakan pailit dengan menanggung kewajiban hingga ¥2,32 triliun yen.

Seperti dilaporkan harian The Independent, hari ini, kebangkrutan JAL merupakan yang terbesar dalam sejarah Jepang paska perang dunia. Bangkrutnya JAL diharapkan bakal mengakhiri tiga tahun upaya restrukturisasi yang menyakitkan dengan merumahkan 15 ribu karyawan, penghapusan utang hingga miliaran dolar dan penutupan banyak rute yang tak menguntungkan. Para pengamat mengatakan, untuk mencegah JAL ambruk total yang dapat berpengaruh pada 13 ribu mitra bisnis, maka dibutuhkan keringanan hutang hingga US 7 miliar dan miliaran dolar lainnya untuk kredit.

Meski dinyatakan bangkrut, pemerintah Jepang tetap menjanjikan JAL masih besa terbang. Perdana Menteri Jepang, Yukio Hatoyama, meminta para karyawan JAL untuk bertahan di belakang restruktirusasi yang akan diawasi oleh sebuah perusahaan negara bernama Enterprise Initiative Turnaround Corporation. "Yang paling penting adalah semua orang yang bekerja (di JAL) mencurahkan seluruh energi untuk restrukturisasi. Dalam hal ini, pemerintah akan mendukung segala usaha mereka," ujar Hatoyama.

JAL berencana memangkas 15700 karyawannya pada Maret 2012, menggunakan pesaawat lebih kecil demi efisiensi dan menutup belasan internasional tute yang merugi sebagai upaya untuk muncul kembali.

Sementara Direktur Utama JAL, Haruka Nishimatsu yang menentang pailit, kemarin menjadi orang pertama di maskapai yang mengundurkan diri. Media di Jepang menyebut Kazuo Inamori, pendiri raksasa industri Kyocera Corp yang kini berusia 77 tahun sebagai pengganti Haruka. Inamori adalah salah satu pengusaha Jepang paling dihormati.

Imamori yang sudah ditasbihkan sebagai pendeta Budha, mengaku sudah tua dan sulit mendapatkan pekerjaan penuh. Namun ia menjanjikan akan meminjamkan seluruh keahliannya tanpa bayaran. "Saya tidak tahu apapaun tentang industri transportasi, tetapi saya akan senang untuk memberikan kontribusi terbaik," ujar Imamori.

Bagaimanapun, Inamori mewarisi perusahaan paling bermasalah di Jepang. Didirikan pada 1951, JAL menjadi perusahaan publik pada 1987 dan masuk dalam kategori enam besar maskapai penerbangan terbesar di dunia. Namun JAL sudah bertahun-tahun tidak meraup untung, terbelenggu beban rute-rute domestik yang mahal, manajemen yang payah dan menghabiskan banyak dana hanya untuk hotel dan resorts ketika perekonomian menggeliat tahun 1980-an.

Kejatuhan JAL semakin cepat seiring sulitnya bersaing melawan All Nippon Airways yang merupakan rival domestik, serta diperparah dengan krisis finansial global terjadi tahun 2008.

Serangkaian kekhawatiran tentang kesehatan yang mengancam maskapai penerbangan seperti flu burng dan flu babi, membuat para penumpang potensial memilih bertahan di rumah. Saham JAL kemarin jatuh hingga ¥3 dan nilai pasarnya hanya US 150 juta, atau jauh berkurang dibanding sebelum dinyatakan bangkrut. Saham JAL akan dihapus dari pasar modal pada 20 Februari mendatang, yang menyisakan ivestor pemegang kertas tak berharga.(ara/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu, Mohon kritik dan saran


ShoutMix chat widget